AC Milan Kalah di Markas Atalanta, Apa yang Salah?

AC Milan Kalah di Markas Atalanta, Apa yang Salah?

AC Milan menelan kekalahan dari Atalanta dalam lanjutan Serie A 2023/2024. Pelatih Rossoneri Stefano Pioli mencoba membeberkan apa yang salah dengan timnya.

Milan bertandang ke markas Atalanta pada giornata 15 Serie A 2023/2024, Sabtu (9/12/2023) malam WIB. Bertanding di Gewiss Stadium, Rossoneri tumbang dengan skor 3-2.

Atalanta berhasil unggul terlebih dahulu berkat sepasang gol Ademola Lookman. Namun, Milan mampu menyamakan kedudukan berkat gol Olivier Giroud dan Luka Jovic.

Milan harus bermain dengan 10 orang pada masa injury time babak kedua setelah Davide Calabria mendapat kartu merah. Setelah itu, Luis Muriel sukses mencetak gol kemenangan La Dea

Kekalahan ini membuat milan tertahan di peringkat tiga klasemen Serie A dengan raihan 29 poin. Sementara Atalanta naik peringkat tujuh dengan raihan 23 poin.

AC Milan Pertahanan Buruk

Pelatih AC Milan Stefano Pioli tampak tidak puas dengan kinerja timnya. Tepatnya, di lini belakang di mana mereka kebobolan tiga gol.

“Ketika kebobolan tiga gol, berarti tim belum bekerja dengan baik di fase bertahan. Kami kurang siap dan berhati-hati saat menghadapi Atalanta,” kata Pioli kepada DAZN.

“Kami memulai kembali pertandingan dua kali dengan bermain dengan intensitas, energi, dan kualitas tertentu. Kami seharusnya bisa pulang setidaknya dengan hasil positif, tapi ini adalah kekalahan telak.”

Baca Juga Prediksi Barcelona vs Girona 11 Desember 2023

Cedera Pemain

Milan mengalami krisis pemain karena cedera. Namun, Pioli tidak mau menjadikan hal itu sebagai alasan.

“Ada yang absen tapi kami memainkan permainannya. Terutama di babak pertama, saya pikir kami bermain lebih baik dari lawan kami tetapi kami tidak mampu mencetak gol,” lanjutnya.

“Di babak kedua, kami melakukan beberapa kenaifan, kenaifan itu membebani dan kami harus meningkatkannya untuk pertandingan berikutnya.”

Jadwal Pertandingan AC Milan Berikutnya

Pertandingan: Newcastle vs AC Milan

Kompetisi: Liga Champions

Venue: St James’ Park

Hari: Kamis, 14 Desember 2023

Jam: 03.00 WIB

Live streaming: Vidio

Klasemen Premier League

menelan kekalahan di giornata 15 Serie A 2023/2024. Berhadapan dengan AtalantaRossoneri tumbang dengan skor 3-2.

Atalanta berhasil unggul terlebih dahulu berkat sepasang gol Ademola Lookman. Namun AC Milan mampu menyamakan kedudukan berkat gol Olivier Giroud dan Luka Jovic. Di masa injury time, Luis Muriel sukses mencetak gol kemenangan La Dea.

Kekalahan ini membuat milan tertahan di peringkat tiga dengan raihan 29 poin. Sementara Atalanta naik peringkat tujuh dengan raihan 23 poin.

Babak Pertama

Olivier Giroud merayakan golnya ke gawang Atalanta, Minggu (10/12/2023) (c) La Presse via AP Photo

Bermain sebagai tim tamu, AC Milan justru tampil menekan di awal. Mereka langsung tancap untuk mencetak gol cepat.

Baru empat menit laga berjalan, Christian Pulisic mampu melepaskan umpan silang ke arah Giroud. Namun sayang sepakan sang striker berhasil diblok oleh Djimsiti.

Setelah peluang tersebut, intensitas permainan Milan mulai menurun. Mereka kesulitan untuk membangun koneksi yang baik di lini serang mereka.

Peluang berbahaya Milan kembali lahir di menit ke-26 melalui sepakan Fikayo Tomori. Namun sayang tembakan sang bek mengenai Ederson dan bola jadi berbelok ke pelukan Musso.

Di menit ke-38, Atalanta berhasil memecah kebuntuan. Berawal dari lemparan ke dalam Koopmeiners, Ademola Lookman lolos dari adangan bek-bek AC Milan lalu melepaskan tembakan yang mengenai kaki Fikayo Tomori dan masuk ke gawang Maignan. Tuan rumah unggul 1-0 atas tim tamu.

Usai kebobolan, AC Milan langsung meningkatkan intensitas serangan mereka. Usaha itu berbuah manis karena di tambahan waktu, mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Berawal dari sepak pojok, Alessandro Florenzi, Olivier Giroud mampu melepaskan sundulan keras yang menghujam gawang Atalanta. Skor 1-1 menutup jalannya babak pertama.

Babak Kedua

Duel Atalanta vs AC Milan, Minggu (10/12/2023) (c) La Presse via AP Photo

Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan sedikit berbeda. Atalanta tampil lebih proaktif dalam menyerang.

Hasilnya terlihat 10 menit kemudian. Ademola Lookman sukses membawa Atalanta unggul setelah umpan tarik Charles De Ketelaere dari sisi kiri ia sambar dengan tembakan ke gawang Milan. Tuan rumah berbalik unggul 2-1.

Gol tersebut membuat Atalanta semakin percaya diri. Mereka terus membombardir gawang Milan dengan serangan-serangan mereka.

Mike Maignan tampil heroik di pertengahan babak kedua setelah ia menggagalkan dua tembakan beruntun dari Scalvini dan Lookman yang nyaris membobol gawang Rossoneri.

Milan perlahan tapi pasti mulai menaikkan intensitas serangan mereka. Di menit ke-72, mereka berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 setelah umpan tarik Christian Pulisic dari sisi kiri disambar Luka Jovic dengan tap-in.

Gol Jovic ini membuat laga semakin seru. Karena kedua tim sama-sama mencoba untuk mencetak gol ketiga di laga ini.

Di masa injury time, AC Milan harus bermain dengan 10 pemain. Pasalnya sang kapten, Davide Calabria mendapatkan kartu merah.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan betul oleh Atalanta. Di masa injury time, La Dea mencetak gol setelah umpan Aleksey Miranchuk diselesaikan Luis Muriel menjadi gol. Skor 3-2 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Susunan Pemain Kedua Tim

Pelatih AC Milan, Stefano Pioli (kiri) bersalaman dengan pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini (kanan) (c) La Presse via AP Photo

Atalanta (3-4-1-2): Musso; Scalvini, Djimsiti, de Roon; Ruggeri, Pasalic, Ederson, Zappacosta; Koopmeiners; Lookman, De Ketelaere

Pelatih: Gian Piero Gasperini

AC Milan (4-3-3): Maignan; Florenzi, Hernandez, Tomori, Calabria; Musah, Reijnders, Loftus-Cheek; Pulisic, Giroud, Chukwueze

Pelatih: Stefano Pioli

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *