Nuno Espirito Santo Resmi Balik ke Premier League, Gantikan Steve Cooper di Nottingham Forest

Nuno Espirito Santo Resmi Balik ke Premier League, Gantikan Steve Cooper di Nottingham Forest

Nuno Espirito Kerasnya Premier League 2023/2024 kembali memakan korban. Steve Cooper resmi dipecat dari kursi manajer Nottingham Forest. Sebagai gantinya, Forest menujuk Nuno Espirito Santo.

Pada Rabu (20/12/2023) sore WIB, Forest mengumumkan pemberhentian Cooper dari kursi manajer. Sederet hasil negatif belakang menjadi penyebab utamanya.

Sejauh ini Forest tercatat hanya tiga kali meraih kemenangan. Tim kolektor dua trofi Liga Champions itu pun kini terpuruk di peringkat 17 klasemen atau hanya setingkat di atas zona degradasi.

Penunjukan Nuno Espirito Santo

Forest pun langsung memiliki penggantinya. Sosok Nuno Espirito Santo resmi ditunjuk menjadi manajer baru dengan kontrak berdurasi dua setengah tahun alias hingga musim panas 2026 mendatang.

Nuno Espirito Santo pun langsung bekerja memimpin latihan skuad Forest. Debutnya sebagai manajer Forest bakal terjadi di laga melawan Bournemouth pada akhir pekan ini.

Nuno Espirito Santo bukanlah sosok asing di Premier League. Pria asal Portugal itu pernah empat musim menangani Wolverhampton. Kemudian, ia juga sempat menukangi Tottenham meski hanya bertahan empat bulan.

Klub terakhir yang ditangani Nuno Espirito Santo adalah Al Ittihad. Ia dipecat pada awal November 2023 lalu setelah dikabarkan berselisih dengan Karim Benzema.

Baca Juga Termasuk Penerus Lionel Messi, Ini 5 Pemain Terbaik Fase Grup Liga Champions 2023/2024

Jadwal Pekan 18 Premier League 2023/2024

Anthony Elanga (kanan) merayakan golnya untuk Nottingham Forest bersama Morgan Gibbs-White saat melawan Chelsea di pekan ke-4 Premier League 2023/2024 (c) AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Jumat, 22 Desember 2023

03:00 WIB – Crystal Palace vs Brighton – Vidio

Sabtu, 23 Desember 2023

03:00 WIB – Aston Villa vs Sheffield United – Vidio
19:30 WIB – West Ham vs Manchester United – Vidio
22:00 WIB – Fulham vs Burnley – Vidio
22:00 WIB – Luton Town vs Newcastle – Vidio
22:00 WIB – Nottingham Forest vs Bournemouth – Vidio
22:00 WIB – Tottenham vs Everton – Vidio
Manchester City vs Brentford (Ditunda)

Minggu, 24 Desember 2023

00:30 WIB – Liverpool vs Arsenal – Vidio
20:00 WIB – Wolverhampton vs Chelsea – Vidio

Perburuan Arsenal atas manajer baru semakin sulit. Manajer incaran mereka, Nuno Espirito Santo menegaskan belum akan pindah ke London Utara dalam waktu dekat.

Mulai minggu lalu, Arsenal tengah berburu manajer baru. Mereka tengah mencari pelatih baru untuk menggantikan Unai Emery yang dipecat minggu lalu.

Ada beberapa manajer papan atas dunia yang dikaitkan dengan tim London Utara. Salah satunya adalah manajer Wolverhampton, Nuno Espirito Santo.

Ketika dikonfirmasi mengenai rumor Arsenal itu, begini respon Nuno. “Saya masih memiliki kontrak di Wolverhampton,” ujarnya yang dikutip Goal International.

Fokus pada Wolverhampton

Nuno Espirito menegaskan bahwa saat ini ia tidak mempedulikan mengenai rumor-rumor yang beredar mengenai dirinya.

Ia menegaskan bahwa ia saat ini sepenuhnya fokus untuk membawa Wolverhampton finish di posisi terbaik di EPL.

“Saya selalu fokus dengan tugas harian saya. Bagi saya yang terpenting adalah saya fokus terhadap apa yang saya kerjakan hari ini ketimbang memikirkan rumor-rumor yang ada.”

Perburuan Berlanjut

Dengan penolakan dari Nuno Espirito ini, Arsenal harus mendekati beberapa calon manajer yang lain.

Sejauh ini ada beberapa nama yang dirumorkan tertarik menangani Arsenal. Ada sosok Mauricio Pochettino dan Brendan Rodgers yang disebut menjadi prioritas utama mereka.

Arsenal juga diberitakan tengah menghubungi beberapa mantan pemain mereka seperti Patrick Vieira dan Mikel Arteta untuk menempati posisi tersebut.

Bertahan dengan yang Ada

Arsenal sendiri diberitakan sudah punya rencana jika mereka tidak mendapatkan manajer baru dalam waktu dekat.

Mereka diberitakan akan bertahan dengan Freddie Ljungberg sebagai caretaker hingga akhir musim nanti.

Pencarian pelatih yang dilakukan the Lilywhites – julukan Tottenham – terbilang cukup lama. Masa pemecatan Jose Mourinho dengan pengangkatan Nuno Espirito Santo terpaut dua bulan.

Malahan, Mourinho sudah mendapatkan klub baru untuk melanjutkan karir kepelatihannya. Hanya selang beberapa pekan setelah dipecat, ia memutuskan bergabung dengan raksasa Serie A, AS Roma.

Tottenham mengangkat pelatih interim untuk menemani Harry Kane dkk sampai setidaknya musim 2020/21 berakhir, yakni Ryan Mason. Begitu kompetisi berakhir, mereka langsung bergerak mencari pelatih baru permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *