Lionel Messi Juara Lagi Pemenang Ballon d’Or 2023

Lionel Messi Juara Lagi

Lionel Messi raih Ballon d’Or ke-8. Tidak bisa dibantah, superstar Argentina itu baru saja menjalani musim luar biasa. Status pemain terbaik dunia untuk Messi pun semakin valid.

Selasa (31/10/2023) dini hari WIB, France Football mengadakan seremoni Ballon d’Or 2023. Ada beberapa penghargaan yang diberikan di ajang tersebut, mulai dari Kopa Trophy, Yashin Trophy, dan tentu saja Ballon dOr.

Sebelumnya, sekitar dua bulan lalu, France Football terlebih dahulu merilis daftar 30 besar calon pemenang Ballon d’Or. Nama Messi masuk sebagai salah satu calon pemenang, tapi tidak ada nama sang rival, Cristiano Ronaldo.

Artinya, mereka yang memberikan suara berpendapat bahwa Ronaldo tidak layak masuk 30 besar. Di sisi lain, suara untuk Messi juara Ballon d’Or jadi yang paling banyak.

Nah sebenarnya bagaimana sih pemenang Ballon d’Or dipilih? Siapa yang berhak memberikan suara?

Siapa yang bertanggung jawab atas Ballon d’Or?

Ballon d’Or adalah penghargaan sepak bola individu tahunan yang diselenggarakan oleh majalah berita asal Prancis, France Football yang sudah dimulai sejak tahun 1956 silam.

Artinya, penghargaan Ballon d’Or adalah ajang penghargaan ‘swasta’, bukan dari pihak ofisial seperti FIFA atau UEFA. Baca Juga Luis Rubiales Disanksi Tiga Tahun Buntut dari ‘Ciuman Kematian

Siapa yang memilih nomine Ballon d’Or?

Setiap tahunnya, Ballon d’Or melibatkan ratusan profesional untuk mencapai daftar final dan menentukan pemenang. France Football mengumpulkan suara para jurnalis dari negara-negara ranking 100 besar FIFA. Setiap jurnalis diminta memilih 5 besar pemain pilihan mereka.

Apa kriteria untuk memilih pemenang Ballon d’Or?

Dahulu, Ballon d’Or menilai performa pemain sepanjang tahun. Misalnya, Ballon d’Or 2017 berarti menilai performa pemain sepanjang tahun 2016 (Januari – Desember).

Nah, mulai musim 2021/2022, France Football mengubah kriteria penilaian jadi musim terbaik. Jadi, Ballon d’Or 2023 kali ini menilai performa pemain sepanjang musim 2022/2023 lalu.

Berikut kriteria untuk memilih pemenang Ballon d’Or:

  • Performa individu di musim sebelumnya
  • Kesuksesan tim di musim sebelumnya
  • Sikap pemain dan fair play di musim ini

Pakar transfer Eropa, Fabrizio Romano memberikan bocoran seputar pemenang Ballon d’Or 2023. Ia menginformasikan bahwa Lionel Messi bakal keluar sebagai pemenang di penghargaan ini.

Setiap tahun, French Football mengadakan penghargaan Ballon d’Or. Penghargaan ini diberikan kepada pesepakbola terbaik yang tampil dalam satu tahun terakhir.

French Football sendiri sudah merilis 30 finalis Ballon d’Or 2023. Dari 30 nama itu, sosok Lionel Messi dan Erling Haaland menjadi kandidat terkuat penghargaan ini.

Romano menyebut bahwa ia sudah mendapatkan informasi terkait siapa pemenang Ballon d’Or 2023. Ia menyebut Messi bakal keluar sebagai pemenang penghargaan ini.

S

Indikasi Menguat

Menurut Romano, ia sudah mendapatkan informasi bahwa Messi akan mengangkat trofi Ballon d’Or 2023.

Ini disebabkan proses pemilihan sudah selesai. Perwakilan Journalist dari 100 negara teratas rangking FIFA telah memilih siapa pesepakbola terbaik.

Menurut informasi yang didapatkan Romano, perolehan poin Messi mengungguli perolehan poin Haaland. Jadi ia akan memenangkan Ballon d’Or 2023.

Terbaik Sepanjang Masa

Jika Messi benar-benar memenangkan Ballon d’Or 2023, maka ia akan jadi pemain dengan koleksi Ballon d’Or terbanyak.

Trofi Ballon d’Or 2023 ini akan menjadi trofi Ballon d’Or kedelapannya. Sejauh ini tidak ada pemain yang mampu memiliki Ballon d’Or sebanyak itu.

Rivalnya, Cristiano Ronaldo jadi pemilik Ballon d’Or terbanyak kedua dengan lima trofi. Jadi Messi sah bisa dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia.

Tunggu Pengumuman Resmi

Kepastian Lionel Messi mengenai siapa pemenang Ballon d’Or 2023 akan diumumkan di pekan depan.

Bintang Inter Miami dan Timnas Argentina,  resmi didapuk sebagai penerima penghargaan pemain terbaik dunia Ballon d’Or 2023, Selasa (31/10/2023) dini hari WIB.

Dalam acara penganugerahan yang digelar di Theatre du Chatelet, Paris, pemenang Ballon d’Or 2023 diumumkan oleh eks bintang Real Madrid yang kini menjadi pemilik Inter Miami, David Beckham.

Messi berada di urutan pertama mengungguli dua nama lainnya, yakni Erling Haaland dan Kylian Mbappe, yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Ini merupakan gelar Ballon d’Or kedelapan bagi Messi. La Pulga pun semakin meninggalkan prestasi sang rival, Cristiano Ronaldo yang meraih penghargaan ini sebanyak lima kali .

Menariknya , tahun ini merupakan kali pertama sejak 2003 silam nama Cristiano Ronaldo tak masuk dalam daftar nominasi peraih penghargaan Ballon d’Or alias pemain terbaik dunia.

2 dari 3 halaman

Prestasi Lionel Messi

tampil bagus bersama PSG pada musim 2022/2023 lalu. Namun, capaian paling besar La Pulga terjadi di Piala Dunia 2022. Messi tampil heroik pada laga final dan membawa Argentina menjadi juara.

Messi tercatat menciptakan tujuh gol dan tiga assist di sepanjang turnamen yang dihelat di Qatar tersebut. Selain membawa timnya juara, Messi juga meraih penghargaan pemain terbaik turnamen dengan trofi bola emas.

Gelar juara Piala Dunia 2022 ini sekaligus melengkapi koleksi trofi di sepanjang karier Messi. Bisa dibilang, ia kini sudah mendapatkan segalanya di dunia sepak bola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *