Shin Tae-yong Menjadi Bahan Perdebatkan di Korea Selatan

Shin Tae-yong Menjadi Bahan Perdebatkan di Korea Selatan

Sportnewsib8.com – Nama pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong sedang ramai diperdebatkan oleh netizen di negara asalnya terkait kelayakannya menggantikan Jurgen Klinsman di Timnas Korea Selatan. Klaim tersebut dilontarkan oleh anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga. Menurutnya, Shin Tae-yong ingin membawa tim asuhannnya lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024.

Perdebatan itu terjadi dalam sebuah forum di laman MLB Park Donga, Kamis (08/02/2024). Posisi Jurgen Klinsmann sedang rawan pasca-kegagalan Son Heung-min dkk. di Piala Asia 2023 Qatar. Untuk bermain di Olimpiade 2024, Timnas Indonesia U-23 harus menjadi tiga tim terbaik Piala Asia U-23 2024 atau setidaknya lolos ke babak semifinal lebih dulu

Setelah tertatih-tatih di penyisihan grup, laju Korea Selatan terhenti di babak 16 besar akibat kalah 2-4 dari Timnas Arab Saudi lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit. Sementara, peringkat keempat Piala Asia U-23 2024 bakal beradu dengan wakil Afrika, yang telah dikunci oleh Timnas Guinea U-23, dalam play-off demi satu tiket ke Olimpiade 2024.

Seorang warganet Korea Selatan atau yang biasa disebut sebagai KNetz membuka pembahasan mengenai Shin Tae-yong dengan judul “Sepertinya Ada Harapan untuk Pengangkatan Kembali Shin Tae-yong sebagai pelatih Korea Selatan”. Timnas Indonesia U-23 bakal berkancah di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April-3 Mei 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu tergabung dalam Grup A

Pimpin Korea Selatan di Piala Dunia 2018 Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Tae-yong. (c) dok.PSSI

Tae-yong pernah menjadi nakhoda Korea Selatan selama setahun pada Juli 2017-Juli 2018 dan memimpin tim berjulukan Taeguk Warriors itu di Piala Dunia 2018.

Di tangan Shin Tae-yong, Korea Selatan takluk 0-1 dari Timnas Swedia dan 1-2 dari Timnas Meksiko, namun menggulung Timnas Jerman 2-0 yang ketika itu berlabel juara bertahan Piala Dunia.

“Tae-yong adalah pelatih yang mendapatkan penilaian baik dalam mengorganisir tim. Namun, selama menjadi pelatih Korea Selatan, ia mengalami kesulitan dengan dua kekalahan di babak penyisihan Piala Dunia 2018,” tulis KNetz di laman MLB Park Donga.

Baca Juga Casemiro Akan Di Bajak AL-Nassr Dari MU : Atas Titah Ronaldo

Diskusi Netizen Korea

Kesedihan Son Heung-min usai laga semifinal Piala Asia 2023 Yordania vs Korea Selatan, Selasa (6/2/2024). (c) AP Photo/Thanassis Stavrakis

“Pada akhirnya, Korea Selatan berhasil menghindari kritik yang tajam dengan memenangkan pertandingan melawan Jerman,” jelas KNetz.

Selama setahun menangani Korea Selatan, Shin Tae-yong memberikan tujuh kemenangan, enam kali seri, dan delapan kali kalah dengan memasukkan 26 gol dan kemasukan 27 gol.

“Sebenarnya, setelah musim semi berlalu, kita tahu bahwa musim semi itu indah, bukan? Apa pun yang terjadi, jika Tae-yong memiliki kesemaptan untuk melatih lagi, tidak ada yang buruk,” ungkap KNetz dengan username Hojlund.

Tergantung Pemain?

Skuad Korea Selatan merayakan kemenangannya atas Arab Saudi pada babak adu penalti di 16 besar Piala Asia 2023 di Education City Stadium, Selasa (31/01/2024). (c) AP Photo/Aijaz Rahi

“Kemampuannya baik, tetapi apakah para pemain bersedia menerimanya…,” kata KNetz yang lain. ” Tae-yong bukan lah pelatih yang gagal. Swedia adalah tim kuat yang mencapai perempat final Piala Dunia 2018. Meksiko memang lebih kuat daripada kami,” ungkap KNetz lainnya.

KNetz jadi teringat ketika Wakil Presiden Federasi Korea Selatan (KFA), Kim Pan-gon, mendatangkan mantan pelatih Timnas Portugal, Paulo Bento, sebagai penerus Tae-yong di Korea Selatan pada pertengahan 2018.

“Setelah Piala Dunia 2018, para pemain mengatakan bahwa mereka tidak suka memiliki pelatih dalam negeri yang tidak mengikuti tren. Mengapa mereka memanggil Tae-yong lagi?” ujar komentar KNetz.

Kontrak Tinggal Hitungan Bulan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (c) AP Photo/Hussein Sayed

Sementara itu, Shin Tae-yong masih terikat kontrak hingga Juni 2024 bersama Timnas Indonesia. Masa bakti arsitek berusia 53 tahun ini berpeluang diperpanjang selama tiga tahun lagi.

Namun, Shin Tae-yong perlu meloloskan timnas U-23 ke babak delapan besar Piala Asia U-23 2024 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024 jika ingin mengaktifkan klausul tersebut.

Review By : INDOSBOBET88

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *