Raphael Maitimo, Senjata Rahasia Kanada

Raphael Maitimo, Senjata Rahasia Kanada

Timnas Kanada U-17 memiliki senjata rahasia pada perjalanan mereka di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Senjata rahasia tersebut ada pada sosok Raphael Maitimo.

Maitimo merupakan bagian dari skuad Kanada U-17 dalam ajang Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Tentu bukan sebagai pemain, pria kelahiran 17 Maret 1984 tersebut berstatus sebagai salah satu offisial tim Kanada U-17 pada ajang ini.

“Iya, betul. Saya jadi team manager dan koordinator untuk Piala Dunia U-17,” ucap Maitimo, kepada Bola.net.

Maitimo memang layak terpilih sebagai manajer Kanada di Piala Dunia U-17. Pasalnya, ia memang memiliki pengetahuan yang sangat bagus soal Indonesia.

Raphael Maitimo Pemain kelahiran Belanda ini memang sudah lama malang-melintang di kancah sepak bola Indonesia. Raphael Maitimo memperkuat sejumlah klub sepak bola di Indonesia. Ia juga sempat menjadi tulang punggung Timnas Indonesia.

Maitimo sendiri tak membantah bahwa pemilihannya sebagai manajer dan koordinator tim Kanada pada Piala Dunia U-17 karena pengetahuannya akan Indonesia.

“Piala Dunia U-17 kan digelar di Indonesia. Saya juga punya jejaring yang luas di dunia sepak bola. Saya dan partner bisnis punya Orange Veins dan sudah bekerja sama juga dengan Kanada,” tutur Maitimo.

“Jadi, sebagai mantan pemain profesional dan pemain Timnas Indonesia, saya diminta menjadi manajer tim,” ia menambahkan.

Raphael Maitimo Siap Nakhodai Timnas Indonesia

Kendati saat ini berstatus sebagai manajer tim Kanada U-17, Maitimo tak melupakan kecintaannya kepada Indonesia. Ia memastikan siap jika ke depannya diminta menakhodai Timnas Indonesia, baik sebagai pelatih atau manajer.

“Kedua-duanya (pelatih atau manajer, red) bisa,” ucap Maitimo.

“Peluang untuk itu selalu terbuka,” ia menandaskan. Baca Juga Erick Thohir Komentari 21 Pemain Timnas Indonesia U-17 Pilihan Bima

Pemain Keturunan Indonesia

Maitimo lahir di Rotterdam, Belanda pada 17 Maret 1984 silam. Ia memiliki darah Minangkabau meski ia lahir di Belanda.

Raphael Maitimo mengawali karirnya di klub lokal, VV Nieuwerkerk sejak berusia enam tahun. Memiliki bakat yang besar, Maitimo ternyata diminati banyak klub top Eredivisie, sebelum akhirnya ia memutuskan bergabung dengan Akademi Feyenoord, di mana ia berkawan dengan Robin van Persie yang kelak akan jadi mesin gol utama Timnas Belanda.

Namun perjalanan karir Maitimo di Feyenoord tidak berjalan mulus. Pada tahun 2004 ia memilih pindah ke FC Dordrecht, klub divisi dua Belanda, di mana ia mendapatkan debutnya di tim senior saat berusia 20 tahun.

Pada tahun Raphael Maitimo 2009 ia memutuskan untuk keluar Belanda, di mana ia menjajal karir bersama klub CHina League One, Beijing BIT selama dua musim.

Berkarir di Indonesia

Setelah dua tahun di Beijing, pada tahun 2011 Maitimo mencoba peruntungan di Indonesia. Pada saat itu ia membela Bali Devata yang berkompetisi di Indonesia Premier League.

Namun mengingat IPL sempat terhenti, ia memutuskan kembali ke VV Capelle selama sekitar satu bulan sebelum akhirnya ia berkarir di Indonesia kembali bersama Mitra Kukar.

Dari Mitra Kukar, Maitimo sempat membela banyak tim top Indonesia. Sebut saja Sriwijaya FC, Persija Jakarta, Arema Cronus, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya pernah ia cicipi karirnya.

Maitimo terakhir kali membela Barito Putera di tahun 2022 silam. Sebelum akhirnya ia memutuskan untuk tutup karir profesionalnya bersama Laskar Antasari.

Pemain Naturalisasi Indonesia

Pada tahun 2010 silam, PSSI pada saat itu sedang menggalakkan program naturalisasi. Salah satu pemain yang mereka sasar jadi bagian dari proyek naturalisasi mereka adalah Raphael Maitimo.

Setelah melalui proses yang panjang, Maitimo baru bisa debut di timnas Indonesia pada 25 November 2012. Ia dimainkan di Piala AFF melawan Laos.

Ia aktif membela timnas Indonesia hingga tahun 2015 silam. Ia mengoleksi total 21 caps dan mampu menyumbangkan empat gol bagi Skuat Garuda.

Staff Timnas Kanada

Raphael Maitimo Skuad Timnas Kanada U-17 saat menjalani pemusatan latihan di Brasil jelang Piala Dunia U-17 2023. (c) dok.canadasoccer.com

Lama tidak terdengar kabarnya, Maitimo baru-baru ini diketahui telah bergabung dengan staff timnas Kanada U-17 2023 di gelaran Piala Dunia U-17 2023.

Namun Raphael Maitimo dikonfirmasi tidak masuk dalam jajaran tim pelatih. Ia menjabat sebagai team manager & koordinator timnas Kanada U-17 2023. Tugas utamanya adalah menyiapkan semua kebutuhan timnas Kanada U-17 selama Piala Dunia U-17 2023.

Meski tidak masuk jajaran tim pelatih, Maitimo juga dikonfirmasi turut membantu sesi latihan Les Rogues. Ia membantu tim pelatih untuk mengarahkan pemain-pemain timnas Kanada U-17 di sesi latihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *