Rento Takaoka, Mesin Gol Jepang di Piala Dunia U-17 yang Lahir dari Kompetisi Antarsekolah

Rento Takaoka, Mesin Gol Jepang di Piala Dunia U-17 yang Lahir dari Kompetisi Antarsekolah

Rento Takaoka mengukir prestasi yang apik di Piala Dunia U-17 2023. Pemain Timnas Jepang U-17 itu telah mencetak empat gol dan untuk sementara memimpin daftar top skor sementara Piala Dunia U-17.

Rento Takaoka tidak sendirian dalam persaingan gelar top skor Piala Dunia U-17. Sama-sama mencetak empat gol, ada nama penyerang asal Brasil yakni Kaua Elias.

Sadari awal, Kaua Elias memang diprediksi bakal meramaikan persaingan gelar top skor. Sebab, dia punya nama besar dan reputasi mentereng. Nah, situasinya berbeda dengan Rento Takaoka yang berada di bawah radar.

Di Piala Asia U-17 2023, Rento Takaoka kalah bersinar dengan Gaku Nawata, Kohei Mochizuki, dan Yutaka Michiwaki. Yuk simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya .

Besar di Kompetisi Antarsekolah

Sistem pembinaan sepak bola di Jepang cukup unik. Di sana, pembinaan tidak hanya terpusat pada SSB dan akademi. Ada juga kompetisi antarsekolah dan perguruan tinggi yang menjadi pusat pembinaan sepak bola.

Rento Takaoka termasuk dalam pemain yang besar dari kompetisi antarsekolah. Saat ini, Takaoka tercatat sebagai pemain untuk Nissho Gakuen High School (setingkat SMA).

“Saya tidak banyak bermain di Piala Asia, tapi saya sangat bersemangat datang ke sini. Meskipun saya tidak pernah membayangkan hal-hal menjadi seperti ini, saya bertekad untuk melakukan sesuatu,” kata Takaoka di situs resmi FIFA. Baca Juga Rasmus Hojlund, Pemain yang Paling Dikagumi Jonny Evans di MU Saat Ini

Tetap Rendah Hati

Rento Takaoka ketika mencetak gol untuk Jepang U-17 di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia (c) Doc. LOC WCU17/SBN

Rento Takaoka mencetak empat gol untuk Jepang di Piala Dunia U-17 2023. Dia juga sukses membawa Jepang lolos ke babak 16 Besar. Meskipun punya catatan yang cukup mentereng, Rento Takaoka tetap bersikap rendah hati.

“Saya senang bisa mencetak gol dalam tiga pertandingan Piala Dunia berturut-turut,” ucap Rento Takaoka.

“Namun, saya tidak akan mengatakan bahwa hal ini akan mengubah hidup. Saya pikir itu hanya akan terjadi jika kami terus maju dan memenangkan Piala Dunia,” tegas pemain 17 tahun tersebut.

Jadwal Lengkap 16 Besar Piala Dunia U-17 2023

Upacara pembukaan atau opening ceremony Piala Dunia U-17 2023. (c) Bagaskara Lazuardi/Bola

Senin, 20 November 2023

  • 15.30 WIB: Ekuador vs Brasil, Manahan (Indosiar)
  • 19.00 WIB: Spanyol vs Jepang, Manahan (Indosiar)

Selasa, 21 November 2023

  • 15.30 WIB: Mali vs Meksiko, Gelora Bung Tomo (Indosiar)
  • 15.30 WIB: Jerman vs Amerika Serikat, Si Jalak Harupat (SCTV)
  • 19.00 WIB: Argentina vs Venezuela, Si Jalak Harupat (Indosiar)
  • 19.00 WIB: Maroko vs Iran, Gelora Bung Tomo (SCTV)

Rabu, 22 November 2023

  • 15.30 WIB: Inggris vs Uzbekistan, Jakarta International Stadium (Indosiar)
  • 19.00 WIB: Prancis vs Senegal, Jakarta International Stadium (Indosiar)

Timnas Senegal U-17 berhadapan dengan Timnas Jepang U-17 pada matchday ketiga Grup D Piala Dunia U-17 2023, Jumat (17/11/2023) petang WIB. Laga di Stadion Si Jalak Harupat itu berjalan cukup menarik.

Pada babak pertama, kedua tim sama-sama bermain terbuka. Senegal mengandalkan Idrissa Gueye di lini serang. Gueye mampu mencetak tiga gol alias hattrick saat Senegal menang 4-1 atas Polandia pada laga sebelumnya.

Hanya saja, Gueye gagal menambah keran golnya pada duel lawan Jepang.

Jepang tampil sebagai pemenang pada duel ini. Pasukan Yoshiro Moriyama menang dua gol tanpa balas. Dua gol Jepang dicetak pemain pengganti, Rento Takaoka. Masuk pada menit ke-55, dia mencetak gol pada menit ke-62 dan 72.

Hasil ini membuat Jepang lolos ke babak 16 Besar Piala Dunia U-17 dengan status salah satu peringkat tiga terbaik. Seperti Jepang, Senegal juga memastikan satu tempat di babak 16 Besar.

Sensasi Rento Takaoka

Jepang telah memainkan tiga laga fase grup Piala Dunia U-17 2023. Samurai Biro lolos ke babak 16 Besar. Capaian ini tidak lepas dari kontribusi masif pemain yang bernama Rento Takaoka.

Jepang mampu mencetak empat gol dari tiga laga fase grup. Nah, keempat gol tersebut diborong oleh Rento Takaoka.

Menariknya, dari tiga yang dimainkan, Rento Takaoka tidak pernah masuk dalam starting XI. Dia selalu bermain dari bangku cadangan. Rento Takaoka bisa dibilang sebagai supersub bagi Jepang di Piala Dunia U-17 ini.

Daftar Susunan Pemain

Senegal U-17 (4-2-3-1): Serigne Diouf; Alpha Traore, Mamadou Diallo, Guy Lima, Ibrahima Diallo; Pierre Dorival, Mamadou Gning; Clayton Diany, Saliou Faye, Amara Diouf; Idrissa Gueye.

Pelatih: Serigne Saliou Dia.

Jepang U-17 (4-2-3-1): Wataru Goto; Keita Kosugi, Kaito Tsuchiya, Kotaro Honda, Shotaro Shibata; Ryunosuke Yada, Yotaro Nakajima; Ryunosuke Sato, Homare Tokuda, Yumeki Yoshinaga; Alen Inoue.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *